Video Editing Software {2}

Kita lanjutkan membahas tentang software untuk pengolahan audio video dan posting  ini kelanjutan dari posting VES1 yang telah membahas singkat 3 Program. Kali ini akan ada beberapa software menarik lainnya yang menurut rekan-rekan editor yang bergabung di Group Lensamultimedia patut untuk dibahas. Tentu saja dengan perkembangan teknologi semua program membawa senjata mereka masing-masing untuk beradu kenyamanan, kompabilitas, kemudahan, user interface, dan ringan serta cepatnya menjalankan program itu sendiri. Karena berkaitan dengan deadline atau mungkin dikejar target, maka tidak menutup kemungkinan pengguna lebih memilih software yang ringan dan simpel.

Program Editing pada sesion kedua antara lain adalah ;

4. Sony Vegas
  Sony Vegas adalah video editing paket perangkat lunak untuk sistem non-linear editing (NLE) aslinya diterbitkan oleh Sonic Foundry, kini dimiliki dan dijalankan oleh Sony Creative Software. Awalnya dikembangkan sebagai editor audio, akhirnya berkembang menjadi sebuah NLE untuk video dan audio dari versi 2.0. Sony Vegas memiliki fitur video real-time multitrack dan editing audio pada trek yang tak terbatas, resolution-independent video sequencing, effects yang kompleks dan compositing tools, dukungan audio 24-bit/192 kHz, mendukung efek VST dan DirectX plug-in , dan Dolby Digital surround sound mixing. Sampai versi 10, Vegas Pro berjalan pada Microsoft Windows XP (32-bit saja), Vista dan 7 (baik versi 32-bit dan 64-bit).

Sony Vegas Pro memang belum sepopuler Adobe Premire yang didukung begitu banyak plug-in, tapi Sony Vegas Pro juga memiliki banyak kemudahan yang tidak dimiliki Adobe Premire. Ternyata sama aja ya gan, ada kelebihan ada juga kekurangan, jadi ambil manfaatnya aja deh...

5. Adobe After Effect
Inilah keunggulan dari Adobe After Effects dari program editing lainnya karena anda bisa menggabungkan elemen 2D dengan 3D secara bebas tanpa harus mengubah mode atau mengulang pekerjaan anda. Banyak teman mengatakan Adobe After Effects adalah program 2,5D. No problem apapun sebutan anda yang penting program ini termasuk yang paling handal diantara editing lainnya.

Adobe After Effects adalah produk piranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.

Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam - macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.

Adobe After Effects memiliki fitur - fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape ( seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop ). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain. 

6. Pinnacle Studio
Pinnacle Studio adalah video editing non-linear, aplikasi perangkat lunak yang diproduksi oleh Pinnacle Systems, sebuah divisi dari Avid Technology. Sebagian besar memang menganggap program ini adalah aplikasi entry level, namun jangan salah kalau sejak bulan September 2007, Pinnacle merilis versi baru dengan perangkat Moviebox mereka, termasuk dukungan HDV dan AVCHD, tentu saja dirilis dengan produk-produk baru mereka.

Studio 15 dirilis pada bulan Februari 2011. Versi ini hanya ditawarkan kepada pengguna sebelumnya Pinnacle Studio sebagai paket upgrade, namun hanya dalam dua versi bukan tiga, Studio Ultimate HD dan Studio HD koleksi Ultimate. Fitur baru termasuk, Arsip / Restore, DivX Plus HD (. MKV) Dukungan, Dukungan yang lebih baik AVCHD (V14 tidak menangani video AVCHD besar dengan stabilitas besar), Intel Media integrasi SDK, ditambah konten baru ditambahkan seperti efek yang lebih, transisi lebih dari hollywood FX dan lebih banyak variasi menu.

Yang paling seru di aplikasi ini adalah effek transisi yang banyak serta kemudahan dalam pengoperasiannya. Banyak para videografi belajar editing dari sini, karena simplenya tampilan serta keunikan-keunikan yang tidak di miliki oleh program editing lain. Termasuk pengalaman pertama penulis menikmati olahan editing video dengan Pinacle 9.
Ending. Apapun programnya, yang penting hasil akhir bisa dinikmati dengan nyaman, jadi...
tentukan sesuai kebutuhan anda.

2 Responses so far.

  1. smuanya itu bs dipake buat cari duit..

  2. Unknown says:

    bisa gan, asal ada job untuk kita... dan tinggal pilih sopwernya, :)

Leave a Reply